Jumat, 26 Oktober 2012

Manusia Dan Pandangan Hidup


Manusia Dan Pandangan Hidup
A . Pandangan Hidup

Pandangan hidup merupakan suatu dasar atau landasan yang berfungsi untuk mengarahkan kehidupan jasmani dan rohani ke arah yang lebih baik . Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup , karena hal ini bersifat kodrati  dan menentukan kehidupan masa depan seseorang . Pandangan hidup sangat bermanfaat bagi kehidupan seorang individu , masyarakat , ataupun negara .
Pandangan hidup sering disebut juga sebagai filsafat hidup yang merupakan cinta akan kebenaran , sedangkan kebenaran dapat dicapai oleh siapa saja . Oleh sebab itu pandangan hidup perlu dimilik oleh semua orang dan semua golongan .
Macam Pandangan Hidup Berdasarkan Asalnya :
  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya .
  2. Pandangan hidup yang berupa ideologi , yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut .
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya        Pandangan hidup tidak sama dengan cita – cita , tetapi keduanya memiliki hubungan yang sangat erat . Pandangan hidup merupakan bagian dari hidup manusia yang dapat mencerminkan cita – cita atau aspirasi individu dan sekelompok orang atau masyarakat.
Hal – Hal Yang Merupakan Unsur Dalam Pandangan Hidup
  1. 1.      Cita – Cita
Cita – cita merupakan hal yang berkaitan dengan tujuan hidup seseorang yang menyangkut masa depannya . Didalamnya terdapat harapan dan perasaan yang amat dalam untuk mewujudkannya dari hal yang tidak mungkin menjadi mungkin .
Cita – cita itu penting bagi manusia karena dengan memiliki cita – cita , menunjukkan kedinamikaan manusia .
Ada tiga kategori keadaan hati manusia :
  • Berhati keras , biasanya tidak berhenti berusaha sebelum apa yang diinginkan dapat dicapai .
  • Berhati lunak , biasanya dalam usaha pencapaian yang diinginkan cenderung menyesuaikan dengan kondisi dan situasi .
  • Berhati lemah , biasanya mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi .
  1. 2.      Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan pada hakekatnya adalah perbuatan moral , perbuatan yang sesuai  dengan norma agama atau etika .Manusia berbuat baik karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang bermoral .
Untuk mengerti apa itu kebajikan , kita harus melihat 3 segi , yaitu :
  • Manusia sebagai pribadi , yang menentukan baik – buruknya adalah suara hati . Suara hati merupakan bisikan hati yang menimbang perbuatan baik atau buruk dan merupakan hakim terhadap diri sendiri .
  • Manusia sebagai anggota masyarakat , yang menentukan baik – buruknya adalah pendapat dari masyarakat . Suara hati manusia itu baik tetapi suara hati masyarakat belum tentu menganggap baik.
  • Manusia sebagai makhluk Tuhan , suara Tuhan selalu membisikkan agar manusia berbuat baik dan mengelakkan perbuatan yang tidak baik .
Jadi, kebajikan itu adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suara hati masyarakat, dan Hukum Tuhan. Kebajikan berarti berkata sopan, santun, berbahasa baik, bertingkah laku baik, ramah-tamah terhadap siapapun, berpakaian sopan agar tidak merangsang bagi yang melihatnya.
  1. 3.      Sikap Hidup
Sikaphidup ialah keadaan hati dalam menghadapi keadaan hidup ini . Sikap itu ada di dalam hati kita dan hanya kita yang tahu , orang lain tahu setelah kita bertindak . Sikap itu penting , dan dapat dibentuk sesuai kemauan yang membentuknya .
Sikap dapat juga berubah sesuai dengan situasi , kondisi , dan lingkungan .  Dalam menghadapi kehidupan , manusia selalu menghadapi manusia lain atau menhadapi sekelompok manusia . Ada beberapa sikap etis ( positif ) dan non etis ( negatif ) .
Tujuh Sikap etis atau positif :
ü  Sikap lincah dan arif
ü  Sikap rendah hati dan berani
ü  Sikap tenang dan sikap halus
ü  Sikap bangga

Sikap Non etis atau negatif :
ü  Sikap kaku dan takut
ü  Sikap gugup dan kasar
ü  Sikap angkuh dan sikap rendah diri
Sikap – sikap ini harus dijauhkan dari individu karena dapat merugikan dirinya sendiri ataupun orang lain .
 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAH LAKU SESEORANG :
• Faktor keluarga
• Faktor lingkungan
• Faktor pergaulan
• Faktor masa lalu
LANGKAH LANGKAH BERPANDANGAN HIDUP YANG BAIK :
• Lebih mensyukuri dengan apa yang telah dimiliki
• Menjaga apa yang sudah ada
• Berpikir jauh ke depan
• Tidak melihat ke belakang
• Percaya diri
• Aktualisasi diri
B . Manusia Dan Pandangan Hidup
Akal dan budi manusia membawa ciri tersendiri terhadap diri manusia . Satu diantara keunggulan manusia adalah pandangan hidup . Di satu pihak manusia menyadari bahwa dirinya lemah dan di pihak lain manusia menyadari bahwa dirinya kompleks .
Kesadaran akan kelemahan dirinya memaksa manusia mencari kekuatan di luar dirinya . Akhirnya manusia menemukan apa yang disebut “ sesuatu dan kekuatan di luar dirinya “ . Ternyata itu adalah “ Agama dan Tuhan “ .Dengan demikian pandangan hidup itu merupakan masalah yang asasi bagi manusia .


Sumber :

Tidak ada komentar: