Jumat, 29 Maret 2013

Mengapa "Psikologi" ?

Dalam beberapa kesempatan sering saya mendapatkan pertanyaan " Kenapa mengambil jurusan psikologi ? " "Bukannya ngeri ? nanti bisa gila ?" ( Hehe )  , seketika terbesit banyak jawaban yang ingin saya ungkapkan . Hal itu mungkin sama dengan apa yang dipikirkan oleh teman - teman saya . Beberapa yang mungkin menjadi alasan saya kenapa mengambil jurusan ini :

 Sumber : http://cahyabaroto.files.wordpress.com/2011/10/psikologi.jpg


1. MINAT

Apapun yang kita lakukan pastikan itu hal yang kita sukai  , karena berawal dari hal yang kita sukai seseorang cenderung memiliki energi positif untuk melakukan minatnya sehingga ia senang hati dan ikhlas melakukannya , secara tidak langsung pastinya itu akan berdampak positif pula pada hasilnya nanti ( Insyaallah )  . Dari awal , kira - kira SMP saya sudah mulai berminat mengambil fakultas ini walaupun saya sama sekali tidak tahu "apa itu psikologi ?" , tapi sedikit saya sering melihat para ahli psikolog yang sering tampil di media TV dan saya mengagumi , entah apa alasan sebenarnya tapi saya suka melihat dari cara berbicara , body language , dan penampilan para psikolog tersebut.

2. SERU

Menurut saya psikologi itu "seru" , karena ilmu ini berhubungan langsung dengan manusia , mempelajari tingkah laku , simtom - simtom pada manusia , dan gangguan - gangguan yang terjadi pada manusia . Kemudian kita juga mempelajari tentang bagaimana cara mencari solusi untuk permasalahan - permasalahan pada manusia.

3. BELAJAR PARENTING

Memang tidak menjamin bahwa orang yang mengambil jurusan ini nantinya akan menjadi orang tua yang baik bagi anak - anaknya , tetapi disini sedikit banyak akan dipelajari tentang menjadi orang tua yang ideal bagi anak . Sejauh mana peran seorang wanita bagi pasangannya , bagaimana peran pria bagi pasangannya . Bagaimana idealnya seorang wanita atau pria menjadi orang tua yang baik bagi anak - anaknya . Andaikata nanti saya tidak bekerja tetapi ilmu yang saya peroleh bisa saya terapkan di keluarga saya kelak.

4. LEBIH BISA MENDALAMI KARAKTER MANUSIA

Karena psikologi cenderung mengerucut mempelajari  manusia , tentunya akan dibahas secara detail tentang manusia , misalnya kita akan lebih mengetahui berbagai karakter dan sifat manusia . Karakter itu bisa dilihat dari berbagai faktor . Misalnya , dari penampilan , cara berjalan , cara berbicara , atau dari bentuk - bentuk fisik ( Mata , Alis , Hidung , Bibir , dll ) . Tentunya dalam mendefinisikan berbagai macam karakter manusia tersebut perlu proses dan penelitian yang panjang dan didasar berbagai teori yang berhubungan . Menurut saya hal - hal seperti itu sangat menyenangkan .

Totally , I Love Psychology ^^

Tidak ada komentar: